Thursday, May 2, 2013

ASKEP APENDISITIS

Askep apendisitis, apendisitis adalah inflamasi apendiks yang dapat terjadi bila fecal terimpaksi di dalamnya

A.    Konsep Dasar Apendisitis
1.      Definisi Apendisitis
Apendisitis adalah inflamasi apendiks yang dapat terjadi bila fecal terimpaksi di dalamnya ( Ester, 2001 : 7 ).

Apendisitis adalah  peradangan pada apendiks vermiformis yang disebabkan oleh sumbatan pada lumen intestinal karena infeksi, striktur, massa feses, benda asing atau tumor ( Lippincott, 1996 : 520 )}.
Apendisitis merupakan suatu peradangan appendiks yang mengenai semua lapisan dinding organ tersebut (Price, 1994 : 401).

2.      Etiologi  apendisitis
Apendisitis disebabkan oleh penyumbatan lumen apendiks oleh hiperplasia folikel limfoid, benda asing, striktur karena fibrosis akibat peradangan sebelumnya atau neoplasma. Penyebab lain yang diduga yang menyebabkan appendisitis adalah erosi mukosa appendiks karena parasit seperti E. histolytica. Penelitian epidemologi menunujukkan peran kebiasaan makan makanan rendah serat dan pengaruh konstipasi terhadap timbulnya appendisitis. Konstipasi akan menaikkan tekanan intra sekal yang berakibat timbulnya sumbatan fungsional appendiks dan meninhkatnya pertumbuhan kuman flora kolon biasa. Semuanya ini akan mempermudah timbulnya appendisitis.

3.      Patofisiologi apendisitis
Appendisitis  mula  - mula disebabkan  oleh  sumbatan  lumen (hiperplasia folikel limfoid, benda asing, striktur karena fibrosis akibat peradangan sebelumnya, fekolit, atau neoplasma ).  Obstruksi tersebut menyebabkan mukus yang diproduksi mukosa mengalami bendungan. Makin lama mukus tersebut makin banyak, menyebabkan peningkatan tekanan intralumen. Karena tekanan tersebut menghambat aliran limfe yang mengakibatkan edema, diapedesis bakteri dan ulserasi mukosa. Maka akan terjadi appendisitis akut fokal yang ditandai oleh nyeri epigastrium. Bila sekresi dan tekanan terus berlanjut menyebabkan obstruksi vena, edema bertambah dan bajteri akan
Tags :