HAK ASASI MANUSIA (HAM)
Abdul Wachid, M.H
HAM ADALAH HAK YANG MELEKAT PADA DIRI SETIAP MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK TUHAN SEJAK LAHIR DAN DAN MERUPAKAN ANUGRAH YANG HARUS DIHORMATI, DIJUNJUNG TINGGI DAN DILINDUNGI OLEH NEGARA
Abdul Wachid, M.H
HAM ADALAH HAK YANG MELEKAT PADA DIRI SETIAP MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK TUHAN SEJAK LAHIR DAN DAN MERUPAKAN ANUGRAH YANG HARUS DIHORMATI, DIJUNJUNG TINGGI DAN DILINDUNGI OLEH NEGARA
TUJUAN HAM
ADALAH UNTUK MEMPERTAHANKAN HAK-HAK WARGA NEGARA DARI TINDAKAN SEWENANG-WENANG NEGARA DAN MENDORONG TUMBUH SERTA BERKEMBANGNYA PRIBADI MANUSIA YANG MULTIDIMENSIONAL
KONSTITUSI SEBAGAI SUMBER HK TERTINGGI DALAM HAM
UUD 1945 merupakan dokumen tertinggi yang disebut konstitusi.
Konstitusi mengandung makna sebagai:
1. pembatas kekuasaan
2. jaminan perlindungan HAM
Dlm melindungi dan menjamin hak – hak masy. Per UU an menjadi alat kebijakan pemerintah dan sbg sumber hk formal.
HAM UNTUK KESEHATAN
Dlm perspektif HAM Ind. Jaminan perlindungan dari bahaya terhadap kesehatannya merupakan hak untuk hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal yg baik dan sehat, serta memperoleh pelayanan kesehatan (Ps. 28 H UUD ‘45)
Makna kebijakan : Apa yg ingin dicapai, bagaimana cara mencapainya dan dengan sarana apa.
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN HAM
MARNA CHARTA (PIAGAM AGUNG 1215)
PERJUANGAN RAKYAT INGGRIS KEPADA RAJA JOHN (PERLAKUAN ADIL,PERSAMAAN HUKUM, BERTANGGUNGJAWAB PADA RAKYAT, PENEGAKAN HAK DAN KEADILAN RAKYAT)
BILL OF RIGHTS (UU HAK 1689)
TUNTUTAN RAKYAT INGGRIS ATAS PERSAMAAN DIMUKA HUKUM (MONTESQUE : TRIAS PILITICA)
PIAGAM ATLANTIC CHARTER (14 AGUSTUS 1941)
KESEPAKATAN ANTARA F.D. ROOSEVELT DAN CHURCHIL
(1940 F.D. ROOSEVELT : BEBAS DARI RASA TAKUT, MEMELUK AGAMA, BERPENDAPAT,PEMBERITAAN, KEKURANGAN/KEMELARATAN)
DECLARATIONS OF HUMAN RIGHTS PBB
Deklarasi HAM yang dicetuskan di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 10 Desember 1948, tidak berlebihan jika dikatakan sebagai puncak peradaban umat manusia setelah dunia mengalami malapetaka akibat kekejaman dan keaiban yang dilakukan negara-negara Fasis dan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.
Deklarasi HAM sedunia itu mengandung makana ganda
Makna ke luar adalah berupa komitmen untuk saling menghormati dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan antar negara-bangsa, agar terhindar dan tidak terjerumus lagi dalam malapetaka peperangan yang dapat menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan.
makna ke dalam adalah Deklarasi HAM seduania itu harus senantiasa menjadi kriteria objektif oleh rakyat dari masing-masing negara dalam menilai setiap kebijakan yang dikelauarkan oleh pemerintahnya.
DECLARATIONS OF HUMAN RIGHTS PBB
HENDAK MENYELAMATKAN KETURUNAN MANUSIA DARI BENCANA PERANG.
MENEGUHKAN SIKAP DAN KEYAKINAN TENTANG HARKAT DAN MARTABAT MANUSIA SERTA PERSAMAAN KEDUDUKAN ANTARA LAKI – LAKI DAN PEREMPUAN JUGA ANTARA BANGSA YANG KECIL DAN YANG BESAR.
MENIMBULKAN SUASANA KEADILAN DAN PENGHARGAAN ATASA SUATU PERJANJIAN SEHINGGA HUKUM PERJANJIAN INTERNASIONAL MENJADI DAPAT DI PELIHARA.
MEMAJUKAN MASYARAKAT DAN TINGKAT HIDUP YANG LEBIH BAIK DALAM SUASANA KEBEBASAN YANG LEBIH LELUASA.
PERKEMBANGAN HAM DI INDONESIA
Di Indonesia HAM sebenarnya telah lama ada. Sebagai contoh, HAM di Sulawesi Selatan telah dikenal sejak lama, kemudian ditulis dalam buku-buku adat (Lontarak).
Antara lain dinyatakan bahwa apabila raja berselisih faham dengan Dewan Adat, maka Raja harus mengalah, tetapi apabila para Dewam Adat sendiri berselisih, maka rakyatlah yang memustuskan
PEMIKIRAN – PEMIKIRAN HAM DI INDONESIA
SEBELUM KEMERDEKAAN (1908 -1945)
BUDI OETOMO (HAK KEBEBASAN BERSERIKAT DAN MENGELUARKAN PENDAPATAN)
PERHIMPUNAN INDONESIA (HAK UNTUK MENENTUKAN NASIB SENDIRI)
SERIKAT ISLAM (HAK PENGHIPUN YANG LAYAK DAN BEBAS DARI PENINDASAN DAN DISKRIMINASI RASIAL)
ORGANISASI PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
MENENTUKAN NASIB SENDIRI
MENGELUARKAN PENDAPAT
BERSERIKAT DAN BERKUMPUL
PERSAMAAN DIMUKA HUKUM
TURUT DALAM PENYELENGGARAAN NEGARA
SETELAH KEMERDEKAAN (1945 – SEKARANG)
PERIODE 1945 – 1950
HAK UNTUK MERDEKA
HAK KEBEBASAN UNTUK BERSERIKAT MELALUI ORGANISASI POLITIK
HAK KEBEBSAN UNTUK MENYAMPAIKAN PENDAPAT TERUTAMA DI PARLEMEN
PERIODE 1050 – 1959
SEMANGAT KEBEBASAN DEMOKRASI LIBERAL YANG BERINTIKAN KEBEBASAN INDIVIDU.
PARTAI POLITIK DENGAN BERAGM IDIOLOGI
KEBEBASAN PERS YANG LIBERAL
PEMILU DENGAN SISTEM MULTI PARTAI
PARLEMEN SBG LEMBANGA KONTROL PEMERINTAH
WACANA PEMIKIRAN HAM YANG KONDUSIF.
PERIODE 1959 - 1966
HAM TIDAK MENDAPAT RUANG KEBEBASAN KARENA TERJADI PERUBAHAN DARI SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER KE SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN.
PERIODE 1966 -1990
TH 1967 ; MELINDUNGI KEBEBASAN DASAR MANUSIA DITANDAI DENGAN HAK UJI MATERIIL (JUDICIAL REVIEW) PADA MA.
TH 1970 – 1980 ; PEMASUNGAN HAM DENGAN PEMBATASAN DARI PENGUASA.
TH 1990 ; TERBENTUKNYA KOMNAS HAM BERDASARKAN KEPPRES NO. 50 TAHUN 1993.
PERIODE 1998 – SEKARANG
AMANADEMEN UUD 1945 GUNA MENJAMIN HAM DAN MENETAPKAN UU NO 39 TH 1999 TENTANG HAM
HAM PADA TATANAN GLOBAL DAN DI INDONESIA
KONSEP NEGARA BARAT/LIBERALISME
INGIN MENINGGALKAN KONSEP NEGARA YANG MUTLAK
MENDIRIKAN FEDERASI RAKYAT YANG BEBAS, NAGARA SBG KOORDINATOR DAN PENGAWAS
FILOSOFI DASAR : HAK ASASI TERTANAM PADA DIRI INDIVIDU MANUSIA
HAK ASASI LEBIH DAHULU ADA DARIPADA TATANAN NEGARA
KONSEP SOSIALIS
HAK ASASI HILANG DARI INDIVIDU DAN TERINTEGRASI DALAM MASYARAKAT
ADALAH UNTUK MEMPERTAHANKAN HAK-HAK WARGA NEGARA DARI TINDAKAN SEWENANG-WENANG NEGARA DAN MENDORONG TUMBUH SERTA BERKEMBANGNYA PRIBADI MANUSIA YANG MULTIDIMENSIONAL
KONSTITUSI SEBAGAI SUMBER HK TERTINGGI DALAM HAM
UUD 1945 merupakan dokumen tertinggi yang disebut konstitusi.
Konstitusi mengandung makna sebagai:
1. pembatas kekuasaan
2. jaminan perlindungan HAM
Dlm melindungi dan menjamin hak – hak masy. Per UU an menjadi alat kebijakan pemerintah dan sbg sumber hk formal.
HAM UNTUK KESEHATAN
Dlm perspektif HAM Ind. Jaminan perlindungan dari bahaya terhadap kesehatannya merupakan hak untuk hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal yg baik dan sehat, serta memperoleh pelayanan kesehatan (Ps. 28 H UUD ‘45)
Makna kebijakan : Apa yg ingin dicapai, bagaimana cara mencapainya dan dengan sarana apa.
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN HAM
MARNA CHARTA (PIAGAM AGUNG 1215)
PERJUANGAN RAKYAT INGGRIS KEPADA RAJA JOHN (PERLAKUAN ADIL,PERSAMAAN HUKUM, BERTANGGUNGJAWAB PADA RAKYAT, PENEGAKAN HAK DAN KEADILAN RAKYAT)
BILL OF RIGHTS (UU HAK 1689)
TUNTUTAN RAKYAT INGGRIS ATAS PERSAMAAN DIMUKA HUKUM (MONTESQUE : TRIAS PILITICA)
PIAGAM ATLANTIC CHARTER (14 AGUSTUS 1941)
KESEPAKATAN ANTARA F.D. ROOSEVELT DAN CHURCHIL
(1940 F.D. ROOSEVELT : BEBAS DARI RASA TAKUT, MEMELUK AGAMA, BERPENDAPAT,PEMBERITAAN, KEKURANGAN/KEMELARATAN)
DECLARATIONS OF HUMAN RIGHTS PBB
Deklarasi HAM yang dicetuskan di Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 10 Desember 1948, tidak berlebihan jika dikatakan sebagai puncak peradaban umat manusia setelah dunia mengalami malapetaka akibat kekejaman dan keaiban yang dilakukan negara-negara Fasis dan Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.
Deklarasi HAM sedunia itu mengandung makana ganda
Makna ke luar adalah berupa komitmen untuk saling menghormati dan menjunjung tinggi harkat dan martabat kemanusiaan antar negara-bangsa, agar terhindar dan tidak terjerumus lagi dalam malapetaka peperangan yang dapat menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan.
makna ke dalam adalah Deklarasi HAM seduania itu harus senantiasa menjadi kriteria objektif oleh rakyat dari masing-masing negara dalam menilai setiap kebijakan yang dikelauarkan oleh pemerintahnya.
DECLARATIONS OF HUMAN RIGHTS PBB
HENDAK MENYELAMATKAN KETURUNAN MANUSIA DARI BENCANA PERANG.
MENEGUHKAN SIKAP DAN KEYAKINAN TENTANG HARKAT DAN MARTABAT MANUSIA SERTA PERSAMAAN KEDUDUKAN ANTARA LAKI – LAKI DAN PEREMPUAN JUGA ANTARA BANGSA YANG KECIL DAN YANG BESAR.
MENIMBULKAN SUASANA KEADILAN DAN PENGHARGAAN ATASA SUATU PERJANJIAN SEHINGGA HUKUM PERJANJIAN INTERNASIONAL MENJADI DAPAT DI PELIHARA.
MEMAJUKAN MASYARAKAT DAN TINGKAT HIDUP YANG LEBIH BAIK DALAM SUASANA KEBEBASAN YANG LEBIH LELUASA.
PERKEMBANGAN HAM DI INDONESIA
Di Indonesia HAM sebenarnya telah lama ada. Sebagai contoh, HAM di Sulawesi Selatan telah dikenal sejak lama, kemudian ditulis dalam buku-buku adat (Lontarak).
Antara lain dinyatakan bahwa apabila raja berselisih faham dengan Dewan Adat, maka Raja harus mengalah, tetapi apabila para Dewam Adat sendiri berselisih, maka rakyatlah yang memustuskan
PEMIKIRAN – PEMIKIRAN HAM DI INDONESIA
SEBELUM KEMERDEKAAN (1908 -1945)
BUDI OETOMO (HAK KEBEBASAN BERSERIKAT DAN MENGELUARKAN PENDAPATAN)
PERHIMPUNAN INDONESIA (HAK UNTUK MENENTUKAN NASIB SENDIRI)
SERIKAT ISLAM (HAK PENGHIPUN YANG LAYAK DAN BEBAS DARI PENINDASAN DAN DISKRIMINASI RASIAL)
ORGANISASI PENDIDIKAN NASIONAL INDONESIA
MENENTUKAN NASIB SENDIRI
MENGELUARKAN PENDAPAT
BERSERIKAT DAN BERKUMPUL
PERSAMAAN DIMUKA HUKUM
TURUT DALAM PENYELENGGARAAN NEGARA
SETELAH KEMERDEKAAN (1945 – SEKARANG)
PERIODE 1945 – 1950
HAK UNTUK MERDEKA
HAK KEBEBASAN UNTUK BERSERIKAT MELALUI ORGANISASI POLITIK
HAK KEBEBSAN UNTUK MENYAMPAIKAN PENDAPAT TERUTAMA DI PARLEMEN
PERIODE 1050 – 1959
SEMANGAT KEBEBASAN DEMOKRASI LIBERAL YANG BERINTIKAN KEBEBASAN INDIVIDU.
PARTAI POLITIK DENGAN BERAGM IDIOLOGI
KEBEBASAN PERS YANG LIBERAL
PEMILU DENGAN SISTEM MULTI PARTAI
PARLEMEN SBG LEMBANGA KONTROL PEMERINTAH
WACANA PEMIKIRAN HAM YANG KONDUSIF.
PERIODE 1959 - 1966
HAM TIDAK MENDAPAT RUANG KEBEBASAN KARENA TERJADI PERUBAHAN DARI SISTEM PEMERINTAHAN PARLEMENTER KE SISTEM DEMOKRASI TERPIMPIN.
PERIODE 1966 -1990
TH 1967 ; MELINDUNGI KEBEBASAN DASAR MANUSIA DITANDAI DENGAN HAK UJI MATERIIL (JUDICIAL REVIEW) PADA MA.
TH 1970 – 1980 ; PEMASUNGAN HAM DENGAN PEMBATASAN DARI PENGUASA.
TH 1990 ; TERBENTUKNYA KOMNAS HAM BERDASARKAN KEPPRES NO. 50 TAHUN 1993.
PERIODE 1998 – SEKARANG
AMANADEMEN UUD 1945 GUNA MENJAMIN HAM DAN MENETAPKAN UU NO 39 TH 1999 TENTANG HAM
HAM PADA TATANAN GLOBAL DAN DI INDONESIA
KONSEP NEGARA BARAT/LIBERALISME
INGIN MENINGGALKAN KONSEP NEGARA YANG MUTLAK
MENDIRIKAN FEDERASI RAKYAT YANG BEBAS, NAGARA SBG KOORDINATOR DAN PENGAWAS
FILOSOFI DASAR : HAK ASASI TERTANAM PADA DIRI INDIVIDU MANUSIA
HAK ASASI LEBIH DAHULU ADA DARIPADA TATANAN NEGARA
KONSEP SOSIALIS
HAK ASASI HILANG DARI INDIVIDU DAN TERINTEGRASI DALAM MASYARAKAT