Friday, May 24, 2013

PENGATURAN JARINGAN WIRELESS NETWORK WIFI PADA KOMPUTER

Pemasangan jaringan nirkabel(wireless network)
Pada artikel ini
• Mendapatkan peralatan yang tepat
• Menyiapkan koneksi modem dan Internet
• Memposisikan router nirkabel
• Mengamankan jaringan nirkabel Anda
• Menambah komputer ke jaringan Anda
• Sharing file dan printer
• Menikmati kebebasan Anda
Bayangkan duduk di sofa di ruang tamu Anda browsing web, atau chatting dengan teman online sambil bersantai di tempat tidur pada malam hari, atau mengirim dokumen dari komputer di dapur untuk printer di kantor rumah Anda. Sebuah jaringan nirkabel menyediakan fleksibilitas yang paling dalam jaringan, dan satu pengaturan lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Artikel ini menuntun Anda melalui langkah-langkah untuk menyiapkan jaringan nirkabel Anda dan mulai menggunakannya.Mendapatkan peralatan yang tepatSebelum Anda dapat mengatur jaringan nirkabel Anda, Anda harus item berikut:
Broadband Koneksi internet dan modem
Sebuah koneksi internet broadband adalah internet kecepatan tinggi koneksi-berbeda dengan koneksi dial-up, yang lebih lambat dan tidak cukup kuat untuk mendukung jaringan nirkabel. Digital Subscriber Line (DSL) dan kabel adalah dua dari koneksi broadband yang paling umum. Anda bisa mendapatkan koneksi broadband dengan menghubungi penyedia layanan Internet (ISP). Biasanya, ISP yang menyediakan DSL perusahaan telepon dan ISP yang menyediakan kabel perusahaan TV kabel. ISP sering menawarkan modem broadband dan bahkan mungkin menginstal untuk Anda. Beberapa ISP juga menawarkan kombinasi modem / wireless router. Anda juga dapat menemukan ini di toko komputer atau elektronik.
 Khas kabel modem (kiri) dan modem DSL (kanan)
Wireless routerRouter A mengirimkan informasi antara jaringan dan Internet.
Dengan router nirkabel, Anda dapat menghubungkan komputer ke jaringan Anda menggunakan sinyal radio, bukan kabel. Ada beberapa jenis teknologi jaringan nirkabel, termasuk 802.11a, 802.11b dan 802.11g. Kami merekomendasikan menggunakan router yang mendukung 802.11g karena cepat dan memberikan sinyal nirkabel kuat. Untuk informasi lebih lanjut tentang teknologi jaringan nirkabel, lihat jaringan Wireless: tanya jawab.
Khas router nirkabel
Jaringan nirkabel adapter(Wireless network adapters)Sebuah adaptor jaringan adalah perangkat yang menghubungkan komputer Anda ke jaringan. Untuk menghubungkan laptop atau komputer desktop untuk jaringan nirkabel Anda, komputer harus memiliki adaptor jaringan nirkabel. Kebanyakan laptop-dan banyak komputer desktop-datang dengan adaptor jaringan nirkabel sudah terpasang. Untuk memeriksa apakah komputer Anda memiliki adaptor jaringan nirkabel, ikuti langkah berikut:
1. Klik untuk membuka Device Manager. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
2. Double-klik Network adapter.
3. Mencari adapter jaringan yang mencakup "nirkabel" dalam nama.
Device Manager menampilkan adaptor jaringan nirkabel Jika komputer Anda membutuhkan adaptor jaringan nirkabel, Anda dapat membeli satu dari toko komputer atau elektronik dan menginstal sendiri. Bus umum jenis (USB) seri adalah pilihan yang bagus karena mereka kecil, mudah untuk menginstal, dan mereka dapat berpindah-pindah ke komputer yang berbeda. Pastikan Anda mendapatkan jenis yang sama adapter sebagai router nirkabel Anda. Jenis adapter biasanya ditandai pada paket, biasanya dengan surat, seperti G atau A.
 Khas USB nirkabel adapter jaringan
Menyiapkan koneksi modem dan Internet
Setelah Anda semua peralatan, Anda akan perlu mengatur modem Anda dan koneksi internet. Jika modem Anda tidak diatur untuk Anda oleh penyedia layanan Internet (ISP), ikuti petunjuk yang datang dengan modem Anda untuk menghubungkannya ke komputer Anda dan internet. Jika Anda menggunakan Digital Subscriber Line (DSL), sambungkan modem ke jack telepon. Jika Anda menggunakan kabel, menghubungkan modem ke jack kabel. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mengatur broadband (DSL atau kabel) koneksi.Memposisikan router nirkabelMenempatkan router nirkabel Anda di suatu tempat di mana ia akan menerima sinyal terkuat dengan paling sedikit gangguan. Untuk hasil terbaik, ikuti tips ini:
• Posisikan wireless router di lokasi pusat. Tempatkan router sebagai dekat dengan pusat rumah Anda mungkin untuk meningkatkan kekuatan sinyal nirkabel di seluruh rumah Anda.
• Posisi router nirkabel dari lantai dan jauh dari dinding dan benda-benda logam, seperti lemari arsip logam. Fisik lebih sedikit penghalang antara komputer dan sinyal router, semakin besar kemungkinan bahwa Anda akan menggunakan kekuatan sinyal penuh router.
• Mengurangi interferensi. Peralatan jaringan 802.11g menggunakan 2,4 gigahertz (GHz) frekuensi radio. Ini adalah frekuensi yang sama seperti microwave dan telepon cordless yang paling banyak. Jika Anda mengaktifkan microwave atau mendapatkan panggilan telepon tanpa kabel, sinyal nirkabel Anda mungkin sementara terganggu. Anda dapat menghindari sebagian besar masalah ini dengan menggunakan telepon tanpa kabel dengan frekuensi lebih tinggi, seperti 5,8 GHz.
Mengamankan jaringan nirkabel Anda
Keamanan selalu penting; dengan jaringan nirkabel, itu bahkan lebih penting karena sinyal jaringan Anda dapat melampaui batas-batas rumah Anda. Jika Anda tidak mengamankan jaringan Anda, orang terdekat dengan komputer mungkin dapat mengakses informasi yang tersimpan pada komputer jaringan Anda dan menggunakan koneksi Internet Anda untuk mendapatkan ke web. Untuk membantu mengamankan jaringan Anda, lakukan hal berikut:
• Melindungi router Anda dengan mengubah nama default user dan password. Produsen router yang paling memiliki nama default user dan password pada router serta nama jaringan default. Seseorang bisa menggunakan informasi ini untuk mengakses router Anda tanpa Anda menyadarinya. Untuk menghindari risiko itu, mengubah nama default user dan password untuk router Anda. Periksa informasi yang disertakan dengan perangkat Anda untuk petunjuk.
• Mengatur kunci keamanan untuk jaringan Anda. Sama seperti lemari arsip memiliki kunci brankas dan memiliki kombinasi, jaringan nirkabel memiliki kunci keamanan jaringan untuk membantu melindungi mereka dari akses yang tidak sah. Untuk mengatur kunci keamanan jaringan, ikuti langkah berikut:
1. Klik untuk membuka Pusat Jaringan dan Berbagi.
2. Klik Membuat sambungan baru atau jaringan.
3. Klik Set up jaringan baru, dan kemudian klik Next.
Wizard akan memandu Anda melalui menciptakan nama jaringan dan kunci keamanan. Jika router Anda akan mendukungnya, wizard akan default ke Wi Fi Protected Access (WPA atau WPA2) keamanan. Kami menyarankan Anda menggunakan WPA2, jika mungkin, karena menawarkan keamanan yang lebih baik daripada WPA atau Wired Privasi keamanan (WEP) Setara. Dengan WPA2 atau WPA Anda juga dapat menggunakan passphrase, sehingga Anda tidak perlu mengingat urutan samar huruf dan angka. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Apa saja metode jaringan nirkabel keamanan yang berbeda?
Buat kunci keamanan jaringan
• Tuliskan kunci keamanan Anda dan simpan di tempat yang aman. Anda juga dapat menyimpan kunci keamanan Anda pada USB flash drive dengan mengikuti petunjuk dalam wizard.
• Gunakan firewall. Firewall adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang dapat membantu melindungi komputer Anda dari hacker atau perangkat lunak berbahaya. Menjalankan firewall pada setiap komputer pada jaringan Anda dapat membantu mengontrol penyebaran perangkat lunak berbahaya pada jaringan Anda, serta membantu untuk melindungi komputer Anda ketika Anda mengakses Internet. Windows Firewall disertakan dengan versi Windows. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Firewall: tanya jawab.Menambah komputer ke jaringan AndaUntuk menghubungkan laptop atau komputer desktop untuk jaringan nirkabel Anda, ikuti langkah berikut:
1. Klik untuk membuka Hubungkan ke Jaringan.
2. Dalam daftar jaringan, klik jaringan yang ingin Anda hubungi, dan kemudian klik Connect.
3. Masukkan kunci keamanan. Anda dapat mengetikkan kunci atau memasukkan USB flash drive yang berisi kunci keamanan ke port USB pada komputer.Berbagi file dan printerKebanyakan orang memiliki jaringan nirkabel sehingga mereka dapat mengakses Internet dari setiap ruangan di rumah, tetapi mereka juga ingin kebebasan mengakses file dan printer secara nirkabel.
Berbagi fileCara termudah untuk berbagi file di jaringan anda adalah untuk membuat berbagi dengan homegroup. Jika Anda tidak memiliki homegroup, Anda dapat berbagi file dengan menempatkan mereka dalam salah satu folder Public. Setiap file atau folder Anda masukkan ke dalam folder Public secara otomatis berbagi dengan orang-orang yang terhubung ke jaringan Anda. Untuk mengaktifkan berbagi folder Publik, ikuti langkah berikut:
1. Klik untuk membuka pengaturan berbagi Advanced.
2. Klik chevron untuk memperluas profil jaringan saat ini.
3. Dalam berbagi folder Public, klik salah satu pilihan berikut:
o Aktifkan berbagi sehingga siapapun dengan akses jaringan dapat membaca dan menulis file dalam folder Publiko Matikan berbagi folder Masyarakat (orang login ke komputer ini masih bisa mengakses folder)
4. Klik Simpan perubahan. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.Anda harus ulangi langkah sebelumnya pada setiap komputer yang ingin Anda berbagi file dari.Untuk berbagi file Anda, menyimpannya atau menyalinnya ke folder Public di komputer Anda. Ada folder Publik untuk setiap jenis perpustakaan (Dokumen, Musik, Video, dan Gambar). Setiap orang dengan account pengguna pada komputer berbagi folder ini. Misalnya, untuk membuka folder Dokumen Publik:1. Klik untuk membuka perpustakaan Dokumen.2. Di panel navigasi, di bawah Perpustakaan, klik dua kali Dokumen, kemudian klik dua kali Dokumen Publik
Folder Dokumen Publik
Berbagi printer
Jika Anda memiliki printer yang terpasang ke salah satu komputer Anda, Anda dapat mencetak dari komputer manapun yang terhubung ke jaringan nirkabel Anda. Cara termudah untuk berbagi printer adalah untuk memilih kotak centang Printers ketika Anda membuat Anda homegroup. Jika Anda tidak memiliki homegroup, Anda dapat mengikuti langkah berikut:
1. Log on ke komputer yang memiliki printer yang melekat padanya.
2. Klik untuk membuka pengaturan berbagi Advanced.
3. Klik chevron untuk memperluas profil jaringan saat ini.
4. Di bawah File dan printer sharing, klik Aktifkan berbagi file dan printer, lalu klik Simpan perubahan. Jika Anda diminta untuk sandi administrator atau konfirmasi, ketik sandi atau memberikan konfirmasi.
Mencatat Jika Anda memiliki dilindungi sandi berbagi diaktifkan, orang akan memerlukan account pengguna dengan password pada komputer Anda untuk mengakses printer Anda.Untuk mengakses printer dari komputer manapun pada jaringan, ikuti langkah berikut:
1. Klik untuk membuka jaringan.
2. Klik dua kali ikon untuk komputer yang memiliki printer yang melekat padanya.
3. Klik dua kali ikon untuk printer. Windows secara otomatis akan menambahkan printer ke komputer Anda dan instal driver printer.
Menikmati kebebasan Anda
Dan hanya itu-jaringan nirkabel Anda siap untuk pergi. Anda dapat bersantai di sofa atau di beranda saat Anda menelusuri web, mengirim e-mail, atau melakukan belanja online.
from = Widows help and support