Wednesday, May 29, 2013

SMK NASIONAL PATI KEMBANGKAN KOMPETENSI PENDAMPING

"SMK Nasional Pati Kembangkan Kompetensi Pendamping"


Suaramerdeka.com – Selain terus memajukan keunggulan kompetensi kejuruan, SMK Nasional Pati sukses mengembangkan kompetensi pendamping. Seni dan budaya menjadi bagian utama dalam pengembangan tersebut. Seni peran, tari, dan karawitan merupakan kesenian yang digeluti secara khusus oleh siswa dalam menunjang life skill. Hal itu sejalan dengan pelaksanaan program partnership untuk pengembangan SMK.

SMK Nasional Pati mendapat kepercayaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Ditjen Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengelola bantuan program tersebut. Hasilnya dipublikasikan luas ke masyarakat melalui pentas sendratari Anoman Duto di Pendapa SMK Nasional, Sabtu (20/4) malam.

Sanggar Seni Paringga Jati Raras Pati menjadi mitra dalam mengembangkan kompetensi penunjang. Sanggar yang berbasis kesenian tradisional asal Desa Kropak, Kecamatan Winong, Pati, ini memiliki visi dan motivasi yang sejalan.
Pergelaran kesenian juga disaksikan siswa dari berbagai sekolah di Pati. Bupati Pati Haryanto didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sarpan tidak melewatkan pergelaran itu.

Kepala SMK Nasional Drs Ponco Sugiharto MPd mengatakan, pembekalan kompetensi pendamping berupa keahlian berkesenian tradisional dipilih, karena menjadi peluang, mengingat kebanyakan seniman di Pati masih mengandalkan bakat alam dengan kemampuan autodidak.

Pengembangan seni dan budaya di sekolah dengan pola pendidikan yang tersistem dan terprogram hampir mirip dengan sekolah seni. Pelakunya memiliki kompetensi yang terukur setelah menjalani program pembelajaran tersebut untuk selanjutnya dapat menjadi bekal keahlian tersendiri.

Keberhasilan program menggerakkan sekolah untuk tetap melanjutkannya di tahun-tahun berikutnya. Hanya, sekolah yang berlokasi di Jalan Ki Ageng Selo No 26 ini terkendala ketiadaan ruang seni. “Kami berharap pengembangan kompetensi pendamping tidak hanya difasilitasi Pemerintah Pusat, tetapi juga Pemkab Pati dan Pemprov Jawa Tengah,” tandasnya.

SMK Nasional menyerahkan trofi dan penghargaan kepada siswa SMP 3 Pati yang menjadi juara umum dalam lomba mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Komputer. Termasuk kepada siswa SMP 6 Pati, SMP 1 Pati, dan SMP 1 Tambakromo yang juga menyabet juara.

SUMBER: SUARAMERDEKA
Tags :