Saturday, May 25, 2013

TEORI EKOLOGI PERKEMBANGAN MAANUSIA


Teori Ekologi (Bronfen-Brenner)
Ada 5 sistem lingkungan yang penting, yaitu :
1)      Mikrosistem (keluarga, peer-group, sekolah, lingkungan, mis:pengaruh pola asuh terhadap perilaku)
2)      Mesosistem
3)      Eksosistem
4)      Makrosistem
5)      Kronosistem
Tahap Perkembangan Manusia
          Fase prenatal
          Fase bayi (0-2 tahun)
          Fase anak awal/prasekolah (2-6 tahun)
          Fase anak akhir/usia sekolah (6-12 tahun)
          Fase remaja (12-18 tahun)
          Fase dewasa
                -Dewasa awal    :18-40 tahun
                -Dewasa tengah               : 40-60 tahun
                -Dewasa akhir   : 60-meningal
1.       Fase prenatal
a.       Fase  prenatal adalah periode awal perkembangan manusia yang dimulai sejak konsepsi, yaitu ketika ovum wanita dibuahi oleh sperma laki-laki sampai dengan waktu kelahiran seorang individu.
b.      Tahap-tahap fase prenatal
1)         Tahap germinal (germinal stage)
2)         Tahap embrio (embriyonic stage)
3)         Tahap janin (fetus stage)
Waktu kelahiran adl ± 270 hr atu ± 40 mgg sejak hari pertama menstruasi terakhir
Bayi yg lahir sebelum waktunya (< 37 mgg & berat <2.5 kg à PREMATURE
          Pertumbuhan Janin dlm Kandungan
1)      Minggu ke-3             : susunan syaraf pusat, calon jantung
2)      Minggu ke-4-5         : mata, tangan
3)      Minggu ke-6             : calon gigi
4)      Minggu ke-7             : langit-langit mulut
5)      Minggu ke-8             : calon telinga lbh sempurna, calon genital
6)      Minggu ke-12          : sdh dpt dideteksi sexe-nya
7)      Minggu ke-22-23 : Otak sdh sempurna
8)      Minggu ke-38          : janin siap lahir
·         Faktor Resiko Umum pada
Ibu Hamil
1)      Usia Ibu
2)      Makanan / Nutrisi Ibu
3)      Stess yang dialami Ibu
4)      Ketidaksesuaian Rh darah ibu dan anak
5)      Faktor Resiko Khusus pada
Ibu Hamil
6)      Penyakit yang diderita ibu
7)      Drugs / Obat-obatan
8)      Pengaruh lingkungan
9)      Pengaruh Paternal

·      Resiko yang mungkin terjadi
Bila kehamilan  …. < 7 bulan, yang terkena adl :
1)      susunan syaraf otak
2)      Otak
3)      Jantung
4)      Bila kehamilan ….. > 7 bulan, dampaknya lebih pada cacat fisik
c.       Fase bayi (0-2 tahun)
1.       Perkembangan Fisik
          Perkembangan refleks
          Perkembangan keterampilan motorik
          Perkembangan sensori
          Perkembangan otak
          Refleks-refleks utama pada bayi yang baru lahir
          Perkembangan keterampilan motorik bayi
2.       Perkembangan Kognitif
          Perkembangan persepsi
          Perkembangan konsepsi
          Perkembangan memori
          Perkembangan bahasa
          Perkembangan bahasa selama masa bayi
3.       Perkembangan Psikososial
          Perkembangan emosi
          Perkembangan temperamen
          Perkembangan attachment
          Perkembangan rasa percaya
          Perkembangan otonomi
          Perkembangan emosi bayi
          Attachment
Attachment adalah sebuah istilah yang pertama kali dikenalkan oleh J. Bowlby tahun 1958 untuk menggambarkan pertalian atau ikatan antara ibu dan anak.
Menurut Martin Herbert dalam The Social Sciences Encyclopedia, “attachment mengacu pada ikatan antara dua orang individu atau lebih; sifatnya adalah hubungan psikologis yang diskriminatif dan spesifik, serta mengikat seseorang dengan orang lain dalam ruang waktu dan rentang tertentu.
Tahap-tahap pembentukan attachment
d.      Fase prasekolah (2-6 tahun)
1.    Perkembangan Fisik
          Perkembangan motorik
          Perkembangan otak
          Perkembangan motorik
2.    Perkembangan Kognitif
          Perkembangan persepsi
          Perkembangan memori
          Perkembangan atensi
          Perkembangan metakognitif
          Perkembangan bahasa
          Tahap-tahap perkembangan bahasa
3.       Perkembangan Psikososial
          Perkembangan permainan
          Perkembangan hub dengan orang tua
          Perkembangan hub dengan teman sebaya
          Perkembangan gender
          Perkembangan moral
e.      Fase Usia Sekolah (6-12tahun)
  1. Perkembangan Fisik
          Perkembangan motorik
                Koordinasi motorik halus berkembanag, anak sudah dapat menulis dengan baik, ukuran huruf menjadi lebih kecil dan rapi. Pada usia 10 tahun-12 tahun anak mulai memperlihatkan keterampilan manipulatif menyerupai kemampuan-kemampuan orang dewasa.
  1. Perkembangan Kognitif
          Perkembangan memori
          Perkembangan pemikiran kritis
          Perkembangan Intelegensi (IQ)
          Perkembangan kecerdasan emosional (EQ)
          Perkembangan kecerdasan spiritual (SQ)
          Perkembangan kreatifitas
          Perkembangan bahasa
  1. Perkembangan Psikososial
          Perkembangan pemahaman diri
          Perkembangan hub dengan keluarga
          Perkembangan hub dengan teman sebaya
          Sekolah
f.        Fase Remaja (Adolescence)
Adolescence à berasal dari “adolescere” yang berarti “tumbuh” atau “tumbuh menjadi dewasa”
Adolescence à memiliki arti lebih luas (dibanding pubertas), yaitu mencakup kematangan mental, emosional, sosial, dan fisik.
Fase Remaja
remaja awal                                       : 12-15 tahun
remaja pertengahan                      : 15-18 tahun
remaja akhir                                       : 18-21 tahun
CIRI-CIRI MASA REMAJA
Merupakan periode transisi/peralihan
Merupakan periode perubahan, misalnya: perubahan kepekaan emosi, bentuk tubuh, peran, minat, dan nilai.
Merupakan masa mencari jati diri/identitas diri.
Merupakan masa yang tidak realistik, karena mereka memandang sesuatu dari “kacamata”-nya sendiri, yang kadang jauh dari realita

Tags :