Sunday, June 30, 2013

Pathway Mastoiditis


Pathway Mastoiditis, kali in saya akan memposting tentang pathway penyakit mastoiditis, mastoiditis merupakan infeksi bakteri pada prosesus mastoid ( tulang yang menonjol di belakang telinga yang bisa berlangsung cukup lama,
mastoiditis disebabkan oleh bakteri streptococus, haemolhilus influenza, kuman gram positif dan negatif dan trauma benda asing sehingga terjadi perdangan pada telinga tengah.
akibat infeksi telinga tengah akan mengakibatkan peradangan di kavum timpani dan menjalar ke astrum mastoid sehingga akan terasa nyeri, apabila peradangan menyebar ke seluruh antrum & fossa posterior tengkotang, saluran saraf wajah hingga otak akan mengakibatkan meningitis, paralisis dan juga abses otak.
Infeksi telinga tengah akan mengakibatkan peningkatan produksi cairan serosa, sehingga akan mendesak membran timpani dan mnyebabkan ruptur sehingga akan cairan keluar dari telinga.
Akibat infeksi telinga tengah mengakibatkan tekanan udara telinga tengah berkurang, retraksi memmbran timpani akan terjadi dan hantaran suara akan menurun sehingga pendengaran berkurang dan bisa menyebabkan tinitus.
Apabila infeksi masuk ke tulang dalam maka akan terjadi erosi pada kanalis semisirkularis sehingga keseimbangan tubuh akan berkurang.
Pathway Mastoiditis
berikut adalah postingan saya mengenai Pathway Mastoiditis yang semoga bermanfaat buat anda semua