Monday, July 1, 2013

Pathway hidronefrosis


 
Pathway hidronefrosis, hidronefrosis merupakan pembesaran ginja akibat akumuasi cairan, sehingga fungsi ginjal akan terganggu, dimana ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi kita, ginjal memiki fungsi untuk Melfiltrasi, mereabsorsi serta mensekresi urine.
Hidronefrosis disebabkan oleh berbagai maca penyebab, yang pertama adalah karena adanya infeksi pada ureter (ureteritis) maupun uretra, apabila terjadi infeksi maka akan terbentuk jaringan parut, sehingga pasien akan mengalami pyuria, hematuria (kencing emngandung darah) dn disuria. akibt adanya jaringan parut maka akan terjadi obstruksi sauran urine. infeksi membuat seseorang akan meningkatkan metabolisme, sehingga suhu tubuh akan meningkat.
yang kedua dikarenkan oleh tumor, tumor akan menekan ureter maupun uretra sehingga akan terjadi obstruksi aliran urine.
yang ketiga akibat dari batu ginjal, batu dalam ginjal akan menghambat sekresi urine, sehingga urine akan kembali ke ginjal sehingga terjadi pembesaran ginjal.
yang keempat karena pembesaran uterus pada saat kehamilan, uterus yang membesar akan mengkompresi saluran kencing.
yang kelima karena penyakit BPH ( Benigna Hiperplasi Prostat) prostat yang membesar akan mengakibatkan penyempitan pada uretra sehingga akan terjadi obstruksi.
Obstruksi pada saluran urine akan mengakibatkan nyeri pinggang dan urine yang keluar sedikit karena adanya peneyempitan.
obstruki tentunya akan mengakiabtkan penigkatan pada ginjal dan ginjal akan membesar, tekanan pada ginjal yang tinggi akan mengakibatkan penekanan pd medulla ginjal sehingga akan mengganggu fungsi dari ginjal dan pada akhirnya akan menyebabkan gagal ginjal. ganggaun pada ginjal akan mengakibatkan ginjal tidak bis menghasilkan eritroprotein, dimana eritroprotein sangat diperlukan untuk merangsang pembentukan sel darah merah sehingga akn terjadi anemia , pasien yang anemian akan mudah lelah, letih , lesu.
gangguan pada ginjal juga akan mengakibatkan pengaktifan RAAS, sehingga pasien akan mengalami udema.
untuk lebih jelasnya liat gambar di gambar di bawah ini

pathway hidronefrosis


sekian postingan saya mengenai Pathway Hidronefrosis, yang semoaga bermanfaat buat anda.