Friday, November 29, 2013

11 Fungsi Hati Pada Tubuh Manusia

Fungsi Hati Untuk Tubuh Manusia - Hati merupakan kalenjar tersebesar yang berada di tubuh kita, yang letaknya di bagian teratas dalam rongga abdomen sebelah kanan di bawah diafragma. Hati Secara luas di lindugi oleh tulang-tulang iga. hati terbagi dalam dua belahan utama yaitu kanan dan kiri. Permukaan atas hati berbentuk cembung dan terletak di bawah diafragma sedangkan permukaan bawah tidak rata dan memperlihatkan lekukan.

Fungsi Hati erat kaitanya dengan metabolisme tubuh kususnya mengenai pengaruh terhadap makananan dan darah. Hati merupakan pabrik kimia dalam hal perantara metabolisme tubuh yang artinya hati dapat mengubah zat makanan yang diabsorsi dari usus dan yang disimpan di suatu tampat di dalam tubuh, guna untuk di buat sesuai pemakaianya.
Selain itu Hati juga dapat mempermudah ekskresi dari zat buangan dan bahan beracun ke dalam empedu dan urine. Berikut adalah fungsi hati bagi tubuh manusia

 
Fungi Glikogenik.
Sel Hati dapat menghasilkan glikogen dari konsentrasi gukosa dari makanann hidrat karbon berkat ada rangsangan kerja suatu enzim. Glikogen akan disimpan sementara di sel hati dan akan diubah menjadi glukosa. Dengan fungsi glikogenik maka hati dapat membantu untuk mengatur kadar guka darah agar tetap normal. Namun kendali utama dalam mengatur kadar gula darah adalah organ pankreas yang mengahsilkan insulin.

Sekresi Empedu
Beberapa unsur sususan yang terdapat dalam empedu seperti garam empedu merupakann hasil dari hati, selain itu pigmen empedu juga dibentuk di dalam sistem retikulo-endotelium dan dialirkan ke dalam empedu oleh hati.

Pembentukan ureum.
hati akan menerima asam amino yang meruapakan hasil dari absorsi darah. Di dalam hati akan terjadi deaminasi oleh sel yang artinya nitrogen di pisahkan dari asam amino dan asam amino akan diubah menjadi ureum. Ureum dapat dikeuarkan dari darah oleh ginjal dan dieksresikan ke dalam urin.

Kerja atas lemak
Organ hati akan menyiapkan lemak untuk pemecahan terkahir menjadi hasil akhir asam bikarbonat dan air. Garam empedu yang dihasilkan oleh hati adalah penting utnuk pencernaaan dan absorsi lemak. Kekurangan garam empedu akan mengurangi eabsorsi lemak dan karena itu dapat berjalan tanpa perubahan masuk feses seperti yang terjadi pada beberapa gangguan pencernaan pada anak-anak kecil, pada penyakit seliak, sariawan tropik dan gangguan tertentu pada pankreas.

Pertahanan suhu
Hati akan membantu mempertahankan suhu tubuh sebab luasnya organ tubuh itu dan banyak kegiatan metabolik yang menagibatkan darah mengalir melalui organ itu naik suhunya

Fungi Hati untuk mengatur isi darah normal
1. membersihakn bilirubin dalam darah
2. membuat sebagian besar dari protein plasma
3. hati membentuk sel darah merah pada masa hidup janin
4. hati sebagian berperan dalam penghancuran sel darah merah
5. menyimpan hematin yang diperlukan untuk penyempurnaan sel darah merah baru
6. berkenaan dengan pengahasilan protombin dan fibrinogen yang perlu untuk penggumpalan darah.

Sekian postingan saya tentang Fungi Hati untuk tubuh manusia semoga dapat bermanafaat untuk anda.