Sunday, March 30, 2014

13 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olah Raga

Cara Menurunkan Berat Badan Selain Olah Raga - Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan salah satunya adalah dengan berolah raga. Namun terkadang kita tidak sempat untuk berolah raga karena sibuk dengan pekerjaan atau sekolah. Namun anda jangan kawatir karena ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan selain berolahraga.

Dan berikut adalah cara menurunkan berat badan selain dengan berolahraga

1. Kurangi Porsi Tidur Anda
Pada saat tidur sistem pencernaan yang ada pada tubuh anda akan bekerja keras untuk mengolah makanan (memecah karbohidrat, lemak) yang telah anda konsumsi selama seharian. Saat seseorang kurang tidur maka akan memicu tubuh untuk memproduksi kortisol yang akan membuat berat badan akan semakin menurun.

2. Mengunyah makanan dengan benar
Studi telah membuktikan bahwa jika Anda menghabiskan waktu lebih lama untuk mengunyah makanan , Anda akan mengonsumsi kalori yang lebih rendah . Selain itu , mengunyah untuk waktu yang lebih lama mencegah makan berlebihan karena memberikan waktu ekstra otak untuk menerima sinyal dari perut yang penuh. Ini juga memfasilitasi pencernaan dan membatasi ukuran porsi Anda . Oleh karena itu , dianjurkan bahwa makanan harus dikunyah sekitar 35 sampai 50 kali dalam setiap memasukkan makanan.

3. Hindari Makanan Yang Terlalu Matang

Makanan yang dimasak terlalu matang akan membuat penurunan kadar nutrisi pada makanan tersebut maka itu akan membuat anda tidak merasa puas sehingga anda akan mendambakan junkfood

4. Makan Biji-bijian dan Rendah Kalori
Anda sebaiknya memakan makanan yang rendah kalori seperti buah-buahan dan sayuran lebih dari makanan yang tinggi akan lemak dan kalori. Sayuran yang rendah kalori mengandung vitamin, mineral, fitonutrien dan serat.

5. Sarapan Pagi
Sarapan adalah makan yang paling penting dan tidak boleh diabaikan. Ketika anda tidak sarapan maka pada saat siang hari anda akan merasa lapar dan akhirnya anda makan terlalu banyak. Melawatkan sarapan juga akan memperlambat metabolisme tubuh anda.

6. Makan Buah sebelum makan.
Makan buah pada saat perut kosong akan mendetoksifikasi sistem pada tubuh anda dan membuat anda makan lebih sedikit. Makanlah buah-buahan sekitar 30 menir sebelum anda makan besar.

7. Makan Malam Sebelum jam 8 Malam
Makan larut malam akan membuat makanan menumpuk pada tubuh anda. Jika anda  lapar pada malam hari maka anda bisa mengkonsumsi teh herbal untuk mengobati rasa lapar anda.

8. Berhati-hati memilih kalori cair
Minuman manis mengandung banyak kalori sehingga patut anda hindari. Anda bisa memuaskan dahaga anda dengan air, susu skim atau susu rendah lemak atau porsi kecil jus buah 100% atau jus sayuran.

9. Minum Air Secukupnya
Minum cukup air adalah kunci untuk gaya hidup sehat . Minum air dingin meningkatkan metabolisme Anda karena tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk menghangatkan cairan sehingga lebih banyak kalori yang dibakar . Selain itu , itu membuat Anda merasa kenyang sehingga Anda akan makan dengan porsi yang kecil.Anda terhidrasi dan membantu melepaskan hormon membangun otot dalam tubuh Anda.

10. Minum Teh Hijau
Penelitian telah menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat menghasilkan 400 kalori ekstra dibakar dalam seminggu . Teh Hijau juga memiliki kekuatan antioksidan .

11. Meningkatkan Langkah Kaki Anda
Berjalan adalah cara yang relatif mudah ketika anda menurunkan berat badan. Dalam sehari, 1000 langkah merupakan anjuran untuk hasil yang baik.

12 . Tertawa
Tertawa dapat menurunkan berat badan, setiap anda tertawa maka akan meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah dan otot-otot perut anda. Sepuluh sampai lima belas menit tawa terbahak-bahak bisa membakar 50 kalori.

13. Bernafas dengan tepat
Bernafas dengan benar tepat dapat membakar lebih banyak kalori pada tubuh anda. Pernafasan yang tepat adalah pernafasan diafragma, dimana inspirasi (mengambil oksigen) melalui hidung dan ekspirasi (mengeluarkan karbondioksida) melalui mulut.

Olah raga bukan lah satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan, namun olah raga merupakan cara yang efektif untuk menurunkan berat badan atau membakar kalori anda. Jika anda tidak memiliki waktu untuk berolahraga maka anda bisa menggunakan 13 cara diatas untuk menurunkan berat badan anda.